25 September 2008

PELATIHAN MASTER TEACHER

Informasi dari Unnes ...

Block Grant program percepatan pemerataan mutu pendidikan daerah tertinggal tahun 2008. Kegiatan ini dalam bentuk Pelatihan Master Teacher dalam rangka pemberdayaan KKG/ MGMP melalui pemanfaatan Information and Telommunication Technologi (ICT) dalam peningkatan mutu pendidikan di Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan ini merupakan kerjasama Ditjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen pendidikan Nasional dengan Universitas Negeri Semarang. Secara khusus tujuan program ini adalah :

a. Menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan, minat, inovasi, dan kreativitas guru menggunakan ICT sebagai media peningkatan kompetensi dan kinerja profesionalnya dalam melaksanakan profesinya.

b. Meningkatkan kemampuan guru dalam mengoperasikan fasilitas ICT sebagai media pendidikan, media komunikasi dan media informasi.

c. Membangun jaringan komunikasi dan kerjasama antar profesi, baik di daerah tertinggal maupun daerah lain yang lebih maju.

d. memanfaatkan fasilitas ICT untuk membangun jaringan bisnis dengan pelaku bisnis lokal dalam pemasaran maupun pendidikan kecakapan hidup.

Untuk provinsi Jawa ada 6 (enam) kabupaten yang diberi block grant, yaitu kabupaten Batang, Wonosobo, Purbalingga, Banyumas, Rembang dan Wonogiri. Peserta Pelatihan master Teacher dari setiap Kabupaten sebanyak 5 kelompok, yang terdiri dari 1 kelompok KKG SD, 3 Kelompok MGMP SMP, dan 1 Kelompok MGMP SMA, yang masing-masing kelompok dipilih 6 guru, sehingga dari setiap kabupaten sebanyak 30 orang ruru dan seluruh peserta pelatihan ini sebanyak 180 orang guru. Dalam pelatihan ini mendapat dukungan dan sertifikat dari Intel Education yang bertaraf Internasional.

Peserta Pelatihan master Teacher, setelah lulus pelatihan ini diwajibkan melatih Partisipant Teacher yaitu rekan guru seprofesinya pada masing-masing KKG/ MGMP sebanyak 5 orang guru, sehingga diharapkan pada akhir ini guru Teacher-guru yang memiliki kemampuan ICT di Jawa Tengah dengan bersertivikat Internasional sekurang-kurangnya ada 1.080 orang guru, yang terdiri dari 180 orang guru Master Teacher dan 900 guru Partisipant Teacher.

Di samping itu setiap KKG/ MGMP yang mengikuti program ini akan mendapatkan hibah peralatan ICT dari Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik Nasional, yang direncankan didistribusikan melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar